Tak lagi lewat Medan, turis asing kini terbang langsung ke Danau Toba

Tak lagi lewat Medan, turis asing kini terbang langsung ke Danau Toba

Tak lagi lewat Medan, turis asing kini terbang langsung ke Danau Toba

killingboxx.com - Pesona alam Danau Toba memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Tak heran bila saat ini Danau Toba masuk dalam salah satu 10 destinasi prioritas atau yang dikenal sebagai Bali Baru.

Melihat banyaknya potensi wisata yang terdapat di Danau Toba, maskapai AirAsia membuka rute baru pemerbangan dari Bandara Internasional Kuala Lumpur ke Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara. Bandara Silangit adalah pintu gerbang utama menuju Danau Toba, danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terindah di dunia.

CEO grup AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, pihaknya berusaha untuk mengajak wisatawan untuk lebih banyak lagi menjelajah destinasi wisata di Indonesia. Terlebih lagi untuk 10 destinasi prioritas, salah satunya adalah Danau Toba.

"Kami juga akan menjalankan beberapa program pemberdayaan masyarakat untuk mendukung komunitas lokal. Merupakan komitmen kami untuk membawa wisatawan mancanegara lebih dekat lagi ke tujuan wisata terbaik di Indonesia, dan di saat yang sama juga membantu menjamin keberlanjutan destinasi-destinasi tersebut," katanya saat konfrensi pers di Jakarta, Kamis (2/8).

Tony mengatakan, sebelum adanya Silangit, wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Toba harus menempuh jalan darat selama enam jam dari Medan. Sekarang, mereka dapat terbang langsung ke Silangit dan mencapai Danau Toba hanya dalam satu jam.

"Kami yakin langkah tersebut menuju ke arah yang tepat dan kami akan terus mendukung penuh upaya Kementerian Pariwisata untuk mencapai target kunjungan 20 juta turis pada tahun 2019," tuturnya.

Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Kementerian Pariwisata, Judi Rifajantoro mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan adanya rute baru ini. Dan diharapkan bisa menambah jumlah wisatawan yang datang ke Danau Toba.

"Di Danau Toba banyak yang bisa kita eksplore, banyak spot menarik untuk wisatawan. Kami berharap Danau Toba bisa semakin dikenal wisatawan asing," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Pandjaitan menyambut baik peluncuran rute baru tersebut. Ia yakin layanan baru ini akan meningkatkan kedatangan wisatawan ke Danau Toba.

"Saya ingin berterima kasih kepada AirAsia karena meluncurkanlayanan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Silangit. Kami sedang meningkatkan fasilitas di Bandara Silangit dan memperpanjang landasan dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter. Kami juga memperluas apron dan bangunan terminal untuk mengakomodasi lebih banyak pesawat dan penumpang. Kami harap rute baru ini akan bermanfaat bagi ekonomi dan komunitas lokal," terangnya.